Kisah inspiratif anak broken home

Kisah inspiratif anak broken home bisa memberi motivasi kita agar tidak mudah putus asa. Meski mengalami kepahitan hidup sejak kecil, jangan pernah kehilangan optimisme.

Siapa yang menyangka seorang aktor terkenal yang disebut-sebut memiliki bayaran termahal di Indonesia ini pernah menjadi korban broken home.

Pemilik nama lengkap Reza Rahadian Matulessy ini ditinggal ayahnya sejak usianya menginjak enam bulan.

Sejak saat itu sang ibu yang mengasuh dan membesarkan Reza dengan segala peluh kesah. Pria kelahiran Bogor Jawa Barat 5 Maret 1987 ini memang memiliki prestasi yang tak main-main di kancah hiburan tanah air.

Lebih dari 50 film mulai dari komedi, laga, horror, roman, drama, hingga biopik sudah dibintangi Reza.

Kisah Inspiratif Anak Broken Home, Sabet Piala Citra Selusin

Dua belas kali Reza memenangkan Festival Film Indonesia. Kisah inspiratif anak broken home bukan alasan untuk hidup tanpa arah.

Reza lahir dari ayah bernama Rahim dan ibu bernama Pratiwi Widantini Matulessy. Ayah Reza adalah pria muslim berkebangsaan Iran. Sedangkan ibunya beragama Kristen yang berasal dari Maluku.

Meskipun Reza sejak kecil tumbuh bersama orang tua tunggal yaitu ibunya, Reza tak pernah merasa kehilangan figur seorang ayah. Sejak kecil Reza Rahadian bersama sang ibu tinggal di Bogor di rumah neneknya.

Namun, ia terus bertekad untuk maju dan enggan menghentikan langkahnya. Justru menguatkannya.

Meskipun ia dan sang ibu berbeda agama, sang ibu selalu mengajarkan Reza untuk memiliki sikap saling toleransi di antara umat beragama.

Tetap Tegar Meski Sering Kena Bully

Sejak kecil Reza tumbuh tanpa figur seorang ayah. Ia dibesarkan oleh single parent. Pahit getirnya hidup pernah Reza Rahadian rasakan. Tak hanya tumbuh tanpa figur seorang ayah, ia juga pernah menjadi sasaran bully semasa kecilnya.

Tepatnya saat masih duduk di bangku SD hingga SMP, Reza sering di-bully oleh teman-temannya karena saat itu ia masih cupu, jarang bergaul, dan kutu buku.

Reza sempat merasa minder dan tertutup akibat ejekan dari teman-temannya. Namun semua itu berakhir ketika masuk ke bangku Sekolah Menengah Atas.

Tak Gengsi Kerja Serabutan

Ketika menginjak usia remaja, Reza sudah ada rasa ingin membantu perekonomian keluarga untuk membantu sang ibu. Ia tak tega melihat ibunya bekerja seorang diri.

Berbagai pekerjaan serabutan rela ia lakukan demi sesuap nasi. Mulai jadi tukang potong rumput keliling kompleks dengan bersepeda di usia 10 tahun hingga menjadi pelayan di sebuah kedai kecil.

Saat menjadi tukang potong rumput Reza mematok harga tak mahal, hanya sekitar Rp. 15 ribu hingga Rp. 20 ribu rupiah saja. Sikap tanggung jawab dan mandiri ini ia akui didapatkan dari sang ibu.

Reza selalu menanamkan pikiran bahwa tanggung jawab keluarga ada padanya. Kisah inspiratif anak broken home tidak membuat Reza jadi remaja berandalan tanpa tujuan. Justru ia mau bekerja bantu ibunya.

Mau Mencoba Hal Baru Yang Positif

Reza Rahadian sejak kecil pernah memiliki cita-cita menjadi seorang atlet renang. Meski ia sudah rajin berlatih sejak kecil, usaha tersebut tak membuahkan hasil.

Karena gagal menjadi atlet renang ketika duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama, Reza mencoba beralih ke ranah teater di Sekolah Menengah Atas.

Pada 2004, Reza Rahadian mencoba dunia model dengan mengikuti ajang pemilihan model Majalah Aneka Yess! Hasil coba-cobanya itu berbuah manis. Reza terpilih menjadi juara favorit top guest Majalah Aneka Yess!

Berkat kemenangannya menjadi juara favorit top guest, Reza mendapat tawaran bermain sinetron yang berjudul Culunnya Pacarku.

Luar Biasa, Inilah Rahasia Suksesnya

Baru pertama kali berakting, Reza sudah terlihat totalitas. Kemampuannya membuat produser kembali meliriknya untuk bermain sinetron lain di antaranya Inikah Rasanya, Mutiara Hati, Cinta SMU 2, ABG, dan Aku Hamil.

Dari sinetron inilah ia kemudian mulai melangkah ke dunia perfilman. Film pertama yang di bintangi Reza Rahadian di tahun 2007 adalah film horor. Karirnya bak roket melesat, Reza terus kabanjiran tawaran bermain film.

Kisah inspiratif anak broken home seperti Reza ini menepis anggapan anak nakal itu karena broken home. Namun semua kembali kepada bagaimana tabah menjalani kesulitan.

Pada 2009, Reza berhasil meraih Piala Citra untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik berkat aktingnya di Film berjudul Perempuan Berkalung Sorban. Tawaran demi tawaran terus berdatangan bak hujan yang turun dengan deras.

Kisah Inspiratif Anak Broken Home, Kunci Sukses Ala Reza

Sampai pada saatnya Reza kembali menyebet Piala Citra Pemeran Utama Pria Terbaik melalui film 3 Hati Dua Dunia, berlanjut dengan Piala Layar Emas IMA untuk kategori Pemeran Utama Pria Favorut di Film Habibie & Ainun,

Reza sangat mencintai pekerjaannya sebagai aktor. Rasa cintanya inilah yang membawanya sampai di puncak popularitas.

Tak hanya sekadar mimpi, Reza Rahadian yang berasal dari keluarga broken home dan pernah menjadi tukang pemotong rumput. Kisah inspiratif anak broken home pada Reza ini menunjukkan bahwa kesungguhan dan kesabaran itu harus dipegang teguh.

Kini menjadi seorang bintang film paling bersinar di Indonesia. Dunia akting kini sudah mendarah daging baginya. Kendati demikian, Reza tak menomorsatukan honor sebab ia terus merasa akan haus akan ilmu. Inilah kunci sukses Reza.

Sudah Biasa Dicela, Justru Itu Bekal Penting

Bagi Reza kepuasan bermain film dengan baik itu lebih dari segalanya. Hal itulah yang membuat Reza ingin terus mengasah kemampuan aktingnya dengan berani mengambil tantangan berbagai macam peran.

Hidup sukses yang ia dapatkan saat ini sebagai bintang film ternyata tidak didapatkan dengan mudah. Banyak cercaan yang sempat membuatnya putus asa.

Namun, ia terus bertekad untuk maju dan enggan menghentikan langkahnya. Justru menguatkannya. Kisah inspiratif anak broken home seperti halnya Reza Rahardian ini menjadi motivasi para pemuda dari latar belakang yang sama.  

Banyak perjuangan yang dilaluinya hingga di titik saat ini meskipun tumbuh tanpa sosok ayah. Ia tak pernah merasa kehilangan figur seorang ayah.

Reza juga mengaku tak pernah merasakan kesedihan atas keadaannya yang tumbuh dalam keluarga tanpa adanya sosok ayah.

Faktanya ia memang tak pernah merasakan adanya perbedaan antara dirinya dengan anak-anak lain sebayanya. Beranjak dewasa dirinya mulailah dapat menilai bagaimana interaksi seorang anak laki-laki dengan seorang ayah.

Aktor Sukses Tak Melulu Modal Cakep

Meski begitu Reza lantas tak merasa ada yang kurang dalam hidupnya. Baginya ibunya memang berperan ganda, sebagai pendidik layaknya seorang ibu dan bekerja keras layaknya seorang ayah. Kisah inspiratif anak broken home ini patut diteladani mereka yang bernasib sama.

Banyak opini yang beredar di masyarakat terkait kepopuleran Reza, baginya keindahan fisik bukanlah modal utama. Justru sering kali orang cakep itu bisa jadi ujian berat seperti kisah Nabi Yusuf.

Kekuatan dalam beraktingnyalah yang sesungguhnya ialah kualitas karakternya sendiri.

Penghayatan dan penjiwaan penuh sangat diperlukan dalam setiap upaya menganalisa dan mempelajari karakter.

Tak hanya itu, kreativitas dalam improvisasi juga dibutuhkan untuk menunjang kinerjanya agar lebih baik lagi. Dan yang paling penting yang menjadi pegangan dan modal utama Reza dalam bekerja adalah kejujuran, totalitas, dan ketegaran tanpa batas.

Resep Agar Dicintai Rekan dan Penggemar

Dalam perjalanan karirnya yang semakin memuncak, ternyata juga ada sosok penting dalam hidupnya. Reza Rahadian banyak mendapat nasihat dari ibunya untuk tetap rendah hati meski namanya sudah mencetak banyak prestasi.

Inilah resep suksesnya. Agar dicintai para sineas dan penggemar. Kisah inspiratif anak broken home yang positif seperti ini harus bisa kita hayati.

Ibunya memang menjadi orang paling berpengaruh dalam perjalanan karir Reza agar ia tetap membumi. Reza sangat paham betul jika namanya tidak akan selalu bisa bersinar seperti saat ini, sehingga yang paling penting adalah hidup membumi.

Foto: pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *