Kisah cinta nabi yusuf

Kisah cinta Nabi Yusuf penuh dengan lika-liku. Inilah yang menempa dirinya jadi sosok yang luar biasa mulia di sisi Allah. Nabi Yusuf tak hanya dikarunai keindahan zahir (fisik) saja tetapi akhlak dan perilakunya pun sangat indah.

Kisahnya Nabi Yusuf patut dijadikan teladan. Menjaga kesucian diri dan menahan nafsu syahwat yang menipu demi meraih keridhaan Tuhan semesta alam.

Kisah cinta Nabi Yusuf dan kisah hidup Yusuf menjadi penghibur hati Rasulullah dan para sahabat yang sedang dirundung sesak dan sempit.

Kisah cinta Nabi Yusuf dan perikehidupannya tercatat sejarah. Kisah Nabi Yusuf bagaimana mempertahankan prinsip hidup untuk selalu bertakwa dan bertawakal kepada Allah di setiap situasi.

Kisah Cinta Nabi Yusuf, Cinta Sekaligus Ujian Berat

Kesabaran yang pahit dan menyakitkan rela Nabi Yusuf pikul sendiri. Meski keelokan rupa yang disebut-sebut setara dengan ketampanan laki-laki setengah dari dunia, ini tak membuat Nabi Yusuf lupa diri terhadap Rabbnya.

Sosok rupawan dan akhlak yang baik membuat siapapun yang melihat langsung jatuh cinta kepada Nabi Yusuf. Tetapi, di sisi lain juga membuat berbagai ujian akibat cinta itu mendera kehidupannya. Kisah cinta Nabi Yusuf ini merupakan ujian berat keimanan dan kesucian diri seorang yang beriman.

Sesuatu yang istimewa selalu mendapat perlakuan istimewa juga. Begitulah yang diterima Nabi Yusuf saat kecil. Kasih sayang yang tercurah dari sang ayah kepada Yusuf berbeda jauh dengan kasih sayang dari ayah ke saudaranya yang lain. Akibatnya timbul perasaan iri dengki yang membuat mereka melakukan perbuatan keji.

Diwarnai Air Mata ‘Buaya’

Saudara Yusuf dikisahkan membuat tipu daya kepada sang ayah. Mereka ingin menjauhkan Yusuf dari rumah. Agar perhatian ayah akan tercurah kepada mereka.

Saat bermain-main, Nabi Yusuf dilempar ke sumur yang gelap dan dalam. Dengan air mata buaya, mereka berpura-pura sedih kehilangan Yusuf. Kakak-kakak Yusuf membaca baju Yusuf yang koyak dan dilumuri darah palsu.

Nabi Ya’qub, sang ayah tentu sangat sedih kehilangan anak kesayangannya. Tapi, ia tetap sabar dan yakin bahwa Yusuf masih hidup meskipun tak tahu bagaimana nasibnya sekarang. Baik-baik saja ataukah menderita. Kisah cinta Nabi Yusuf dan kisah hidupnya merupakan kisah terbaik di Al Quran.  

Ngeri, Ini Perlakuan Kakak-kakaknya Kepada Yusuf Kecil

Tak dapat dibayangkan bagaimana berada dalam kondisi yang gelap, di ruangan sempit yang lembab, dan sendirian. Sedih, takut, marah, mungkin berkecamuk dalam batin seorang Yusuf kecil di dalam sumur. Tapi, Nabi Yusuf tetap bersabar, mengharap pertolongan dari Allah.

Sampai akhirnya ada kafilah yang mau mengambil air dalam sumur. Nabi Yusuf naik ditarik oleh orang-orang tersebut. Mereka terkejut menemukan anak muda berparas tampan.

Tetapi mereka takut ada yang memergoki, khawatir dianggap menculik anak orang kaya. Mereka tak tertarik dengan Yusuf. Akhirnya Nabi Yusuf dijual jadi budak dengan harga murah.

Seorang pembesar Mesir bernama Qitfir membeli nNabi Yusuf untuk dipelihara jadi seorang anak sekaligus pembantu di rumah. Kisah cinta Nabi Yusuf dan kisah hidupnya berubah sejak saat itu.

Tinggal di Lingkungan yang Serba Wah

Yusuf memiliki wajah manis ditambah akhlak santun membuat orang tua angkatnya, Qitfir dan Zulaikha memberi perlakuan istimewa.

Kasih sayang keduanya dicurahkan. Berbagai fasilitas dalam rumah mewah mereka bagaikan anak sendiri. Meski bisa menikmati fasilitas tersebut, Nabi Yusuf tak mau terlena dalam kemewahan hidup.

Nabi Yusuf tetap bergaya hidup sederhana. Nabi Yusuf tetap bersikap hormat dan rendah hati. Sigap membantu apapun pekerjaan rumah.

Seiring bertambah umur, Nabi Yusuf tumbuh jadi pemuda yang makin indah budi pekertinya dan makin tinggi ilmu yang dimiliki. Kisah kesehariannya sering mendengar percakapan, diskusi, atau pertemuan para tamu pejabat sampai bangsawan di rumah Qitfir.

Makin Dewasa Makin Ganteng

Tumbuhnya Nabi Yusuf dari masa kanak-kanak menuju remaja sampai dewasa membuat Zulaikha yang semula memberi kasih sayang seperti ibu pada anaknya berubah.Lalu menjadi kasih sayang seorang wanita kepada lelaki dewasa.

Zulaikha jatuh cinta pada Nabi Yusuf dan perasaannya sudah menggelora tak tertahankan. Ia menginginkan Nabi Yusuf.

Hikmah dari kisah cinta Nabi Yusuf dan Zulaikha adalah tentang bagaimana mengendalikan hawa nafsu yang dibalut kata ‘cinta’.

Zulaikha bermaksud menundukkan Nabi Yusuf agar dapat memuaskan kerinduan yang sudah tak terbendung. Kisah cinta Nabi Yusuf dan perjalanan hidup bagaikan roller coaster. Naik turun dan berliku. Awalnya dibuang, lalu dijual sebagai budak kini diharapkan cintanya dari wanita bangsawan.

Niat Ada, Kesempatan Pun Terbuka Lebar Jika Ingin Berbuat

Zulaikha jadi hilang logika. Mengabaikan akibat yang ditimbulkan setelah berbuat amoral nanti. Ia jadi lupa kalau sudah bersuami, apalagi seorang pejabat terpandang dalam negeri. Nafsu sudah menguasai.

Suatu hari, kesempatan untuk menjalankan niat buruknya datang. Suami sedang pergi untuk tugas negara, para pembantu kebetulan juga tidak ada. Zulaikha berdandan cantik dan memanggil Nabi Yusuf dengan nada suara halus.

Nabi Yusuf yang melihat perilaku aneh dari ibu angkatnya jadi terkejut dan was-was.

Kisah Nabi Yusuf Dalam Al Quran

Siapa laki-laki yang tak tergoda melihat perempuan cantik merayu sambil menggunakan pakaian yang menarik?

Bagaimana pun nabi Yusuf juga manusia normal. Punya hawa nafsu. Apalagi tak ada orang lain. Yusuf juga jauh dari keluarga. Ayah dan ibunya tidak akan tahu apa yang dilakukannya saat itu. Bebas sebebas-bebasnya.

Tapi, Nabi Yusuf mendapat isyarat dari Allah. Allah memperlihatkan tanda atau peringatan dalam kisah Al-Quran berikut:

“Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusuf pun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih” (QS. Yusuf[12] : 24)

Selalu Ada Sinyal Dari Tuhan, Apakah Kita Hiraukan?

Peringatan itu menurut ahli tafsir berbeda-beda, di antaranya: muncul bayangan wajah sang ayah yang melambai-lambai melarang nabi Yusuf menuruti hawa nafsu, diperlihatkan malaikat, atau tulisan yang melarang Kisah cinta Nabi Yusuf dan perjalanan hidup bagaikan roller coaster. Naik turun dan berliku.

Zulaikha berhasrat kepada Yusuf, begitu pula Yusuf kepada Zulaikha. Meski Zulaikha lebih tua tapi masih terlihat cantik. Tubuhnya indah plus dihiasi riasan dan pakaian yang indah pula.

Tapi, karena takut dan ingat Allah, Nabi Yusuf segera sadar. Kisah cinta yang tidak dilandasi ridha Allah pasti membawa petaka. Memang terasa nikmat tapi berakhir dengan penyesalan. Kisah cinta Nabi Yusuf dan perjalanan hidupnya sangat mendebarkan, bagaikan cerita film drama nominasi terbaik.  

Hidup Penuh Drama, Yang Benar Dianggap Salah

Yusuf pun menjauhi Zulaikha. Sehingga mereka berkejar-kejaran. Pintu-pintu yang tertutup rapat memperlambat langkah Nabi Yusuf untuk bebas dari ibu angkatnya yang sudah hilang kewarasan.

Tiba-tiba pintu terbuka dari luar. Qitfir memergoki mereka berdua. Zulaikha menutupi kesalahan dengan menuduh Yusuf yang mau menjatuhkan kehormatannya. Nabi Yusuf tak tinggal diam. Ia membela diri karena tak bersalah.

Qitfir kebingungan karena dua-duanya saling membela diri. Kemudian, seseorang memberi saran yang bijak untuk mengetahui kebenaran. Kalau baju Yusuf koyak di depan maka artinya Yusuf bersalah karena menunjukkan berbuat keji dan mendapat perlawanan dari Zulaikha.

Kalau bajunya koyak di belakang, Zulaikha-lah yang mengejar dan menarik baju Yusuf agar tidak bisa kabur darinya.

Jelas sudah bahwa yang bersalah Zulaikha. Qitfir menyuruh istrinya untuk minta ampun pada Allah dan minta maaf pada Yusuf. Sedangkan Yusuf disuruh diam dengan perkara ini agar tidak membuat malu keluarga.

Dianggap ‘Simpanan’ Wanita Bangsawan

Serapat-rapatnya keburukan ditutup pasti akan terbuka juga. Para kolega bangsawan mengetahui rahasia itu. Zulaikha yang cinta gila pada budaknya tetapi sang budak menolak cinta dari wanita itu.

Jadi seperti bulan merindukan pungguk, bukan pungguk merindukan bulan. Sesuatu yang tak lazim. Jadi bahan gossip, Zulaikha pun panas hati.

Ia mengadakan undangan jamuan makan di rumahnya untuk para istri pejabat. Berupa buah-buahan segar yang masih utuh. Disediakan pisau untuk para tamu mengiris kulit buah.

Saat wanita-wanita sosialita itu bercakap-cakap, Zulaikha menyuruh Nabi Yusuf untuk memunculkan diri di tengah-tengah mereka. Berjalan melewati mereka bagai peragawan.

Dan kejadian menggemparkan terjadi. Para wanita itu tersihir oleh paras Nabi Yusuf yang luar biasa menawan. Mereka mengira sosok itu bukan manusia, melainkan malaikat. Karena akal sudah lumpuh akibat perhatian tersita oleh ketampanan budak Zulaikha itu, membuat tangan mereka tak bisa diajak kerja sama dengan otak.

Kisah Nabi Yusuf Ringkas

Tanpa sadar mereka yang sedang memegang buah dan pisau bukan mengiris buah, malah mengiris jari sendiri sampai darah berceceran di lantai. Zulaikha puas membalas ejekan teman-temannya itu.

Kemudian, ia memberikan pilihan terakhir pada nabi Yusuf. Kalau ia menolak Zulaikha lagi, bakalan dijebloskan ke penjara menggunakan kekuasaan politiknya.

Nabi Yusuf ada dalam dua pilihan berat. Mau menuruti kemauan wanita itu atau mendekam di balik jeruji besi. Demi mempertahankan kesucian, Nabi Yusuf memilih untuk dipenjara saja, daripada mengikuti mereka dan termasuk golongan orang-orang yang bodoh.

Setelah kurang lebih 7 tahun dikurung tanpa sebab yang jelas, Nabi Yusuf  dipanggil oleh raja karena bisa menakwilkan mimpi dan terbukti takwil itu benar terjadi. Yusuf menolak dengan santun menghadap sebelum kasusnya diselesaikan dengan baik dan beliau bebas dari tuduhan yang selama ini membuatnya dipenjara.

Kejujuran Memang Pahit, Tapi Begini Ending-nya

Raja menyanggupi permintaan Yusuf. Dipanggilnya Zulaikha dan para saksi lain. Diusut kasus yang sudah tenggelam itu sampai tuntas.

Zulaikha mengakui kesalahan dan berkata bahwa Yusuf adalah pemuda yang suci. Tidak sampai berbuat dosa dan maksiat. Akhirnya nabi Yusuf dibebaskan dari penjara sekaligus membersihkan nama baiknya.

Kebenaran akan selalu tersibak cepat atau lambat. Allah menolong orang-orang yang selalu ada dalam kebenaran. Kisah cinta Nabi Yusuf dan perjalanan hidupnya menjadi motivasi bagi orang diperlakukan zalim.

Kita bisa meneladani cara Nabi Yusuf mengambil keputusan. Misalnya Nabi Yusuf memaafkan kakak-kakaknya yang berbuat zalim kepadanya dulu.

Setelah itu Nabi Yusuf diangkat jadi bendaharawan negara, menggantikan suami Zulaikha yang sebelumnya menjabat juga di posisi tersebut. Qitfir dikabarkan setelah itu oleh para ahli tafsir meninggal dunia dalam usia senja.

Misteri Tentang Sosok Wanita Bangsawan Majikan Yusuf

Selanjutnya riwayat kisah tentang Nabi Yusuf kemudian dinikahkan dengan Zulaikha oleh raja.

Dalam Al-Quran, pengakuan Zulaikha adalah kemunculannya yang terakhir dalam kisah Nabi Yusuf. Jadi banyak yang tak tahu apakah kisah selanjutnya Zulaikha menikah dengan Yusuf atau tidak.

Menurut Buya Yahya, kisah Nabi Yusuf menikah dengan Zulaikha bukanlah perkara yang urgent untuk dibahas. Menurut kisah dari Bani Israil ada yang mengatakan mereka menikah tapi ada juga yang tidak.

Hikmah dari kisah cinta Nabi Yusuf dan Zulaikha adalah tentang bagaimana mengendalikan hawa nafsu yang dibalut kata ‘cinta’.

Kisah Cinta Nabi Yusuf dan Makna Cinta

Banyak anak muda mengatasnamakan cinta pada pujaan hati padahal cuma nafsu syahwat belaka. Cinta sejati yang diridai Allah tidak ada, kecuali dari jalan pernikahan yang suci.

Nabi Yusuf dan Zulaikha dikisahkan saling mencintai, tapi kecintaan pada Allah lebih tinggi dari itu. Sehingga Nabi Yusuf terselamatkan dari jeratan setan yang akan menghinakan dirinya selamanya.

Kisah cinta Nabi Yusuf ini merupakan cinta suci. Yaitu cinta kepada Allah, cinta kepada kebenaran, dan cinta kepada keimanan. Wallahu a’lam.

Sumber:

Abd. Rahem, Yusuf Zulaikha the Greatest Love Story, Penerbit DIVA Press, Yogyakarta, 2018.

Foto: pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *